Netralitas Jurnalis

Menjadi seorang Jurnalis identik dengan menulis. Memiliki tujuan memperjuangkan hak rakyat, mengabarkan berbagai peristiwa yang terjadi di masyarakat maupun menjadi aspirasi, mediasi, dan penghubung antara masyarakat dan pemerintah.

Seorang jurnalis harus memiliki visi: memperjuangkan, dan memperbaiki negara dengan memposisikan diri sebagai masyarakat, maupun sebagai pemerintah adalah hal yang baik dimiliki seorang jurnalis. Karena kacamata merangkul dua arah. Secara nyata dan fakta, bukan rekayasa.

Akhir-akhir ini sering terjadi wartawan dengan modus amplop. Rekayasa berita di berbagai media massa menjadi kebisingan di udara. Namun, berbagai portal berita seolah baik-baik saja.

Hal yang paling susah dilakukan di negara dan masyarakat kita adalah netralitas. Sikap kecenderungan kepada pihak tertentu telah menggelapkan pandangan kita pada hal lainnya.

Namun seperti yang dibilang Presiden, bahwa dunia ini memiliki perubahan yang sangat cepat. Akan berganti bahkan dalam tiap detiknya. Sama halnya dengan pikiran manusia. Hari ini berkata ya, bisa saja beberapa saat kemudia berkata tidak, ataupun sebaliknya. 

Hal yang lebih pahit lagi adalah ketika berharap pada sebuah perkataan. Kesusahan terbesar adalah realisasi antara wacana dan perbuatan. Seperti kata Ayah saya, setiap hari seseorang adalah baru. Ya, dengan pemikiran dan suasana baru nya.

Keterikatan kita pada sebuah kelompok maupun pada hal tertentu jangan sampai menghilangkan siapa diri kita. Seyogyanya menjadi diri sendiri adalah hal yang menjadikan tenang di hati dan pikiran. Memiliki prinsip didalam diri ibaratkan akar yang menopang tempat kita berpijak, dan menjadi batas berbagai hal negatif yang ingin masuk ke wilayahnya.

Untuk diri, tetaplah menjadi netral dengan keadaan dirimu sendiri. Insya Allah akan kau temui pelajaran yang lebih berharga dari dua sisi yang berbeda.

(1)

Comments

Popular posts from this blog

Mural, Gubrakan Baru Populerkan Seni

Kepada Mereka

Ketika Aku Termangu