Antusiasme?


Sengau saka gelimpa menerpa sekujur tubuh, menggelimang di antara sel-sel saraf, mengingatkan kembali akan masa itu. Lelah sudah perjalanan ini. Berhari-hari, berbulan-bulan hingga bertahun aku masih tetap seperti ini. Emas itu seakan berada di ujung langit terbang bersama angin dan bersembunyi di balik pelangi. Langkahku ini berat sekali, tak usai hingga saat ini. Aku masih terpaku pada satu kondisi tertentu. Tak mampu melewati jalanan panjang dan berliku.

“Antusiasme”
Mungkin itu adalah jawaban yang di nanti saat ini. Mungkin juga itu adalah palu pembuka paku pikiranku. Ya..mungkin saja. Namun sampai dimanakah antusiasme itu? Apakah hanya sebuah cerita singkat yang singgah di telinga? Penumbuh motivasi sementara? Dimana letak antusiasme itu?
....
Pelajaran saat ini menumpuk di meja belajarku. Buku-buku telah mengantri untuk dibaca. Telah lebih dari 15 tahun yang lalu aku melakukannya. Tak ada kata bosan, ini adalah peraturan. Aku terus melakukannya meski ada rasa keterpaksaan.
Sebenarnya aku bosan dengan sistem pembelajaran di sekolahan. Yang hanya mengandalkan teori saja. Peraturan yang tak seimbang antara wawasan dan bahan bacaan menjadi pesan yang pending. Ilmu pengetahuan seakan berada di kelas saja, pikiran pun menjadi tersendat. Belum lagi di tambah pelajaran lain yang harus diburu.
....
Antusiasme dalam kamus bahasa Indonesia artinya kegairahan; gelora semangat; minat besar terhadap sesuatu. Ini adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap individu. Dimana kita melakukan apa yang kita suka, apa yang menjadi keinginan kita terhadap sesuatu. Namun masalahnya jika aku menginginkan sesuatu yang banyak seperti pelajaran-pelajaran  di sekolah, menjadi ambigu pikiranku. Jika aku menginginkan satu, nilaiku menjadi tak tentu. Sementara aku di haruskan untuk meratakan semua nilai hingga memenuhi standar kelulusan agar aku bisa naik kelas. Jalan satu-satunya hal ini harus kulakukan. Oke, aku naik kelas dengan nilaiku yang memenuhi standar. Namun dimana ilmu pengetahuan itu? Semua hilang.  Nyata sudah, 15 tahun berlalu seakan sia-sia. Jika begini lebih baik aku mendalami mata pelajaran tertentu, yang aku suka. Sebenarnya apa yang harus dicari? Ilmu pengetahuan atau nilai? Terserah kamu pilih yang mana. Yang jelas aku ingin mendalami satu bahasan tertentu. Ini adalah antusiasme untuk diriku terhadap sesuatu.

Comments

Popular posts from this blog

Mural, Gubrakan Baru Populerkan Seni

Kepada Mereka

Ketika Aku Termangu